komunitasnya blog Bandung

Jumat, 02 Juli 2010

TIPS DAN TRIK JITU MEMPOPULERKAN BLOG

By permana sidik
www.permanasidik.blogspot.com
Apalah artinya blog yang bagus tetapi sepi peminat(tidak ada orang yang baca blog kita). Bagaimanapun, pengunjung adalah sesuatu yang sangat berharga demi keberlangsunga sebuah blog. Pengunjung berperan penting dalam mempengaruhi kepopulurean sebuah blog. Semakin banyak pengunjung, maka akan semakin popular blog kita.
Kepopuleran sebuah blog tentu tidak datang begitu saja. Anda tidak bisa berdiam diri saja. Banyak hal yang bisa anda lakukan untuk mempopulerkan blog anda. Mempopulerkan sebuah blog adalah sama halnya dengan mempromosikan sebuah produk. Seorang marketing harus pandai memanfaatkan peluang yang ada agar si produknya dapat terjual kepasaran. Nah sekarang mari kita bahas bagaimana cara mempromosikan blog kita tersebut.
1. Melakukan posting secara rutin.
Konten dari sebuah blog sangatlah penting. Karena orang datang ke blog anda bukan untuk sekedar menengok saja, tetapi juga mencari data atau informasi yang mereka butuhkan. Berikan informasi apapun yang pembaca inginkan sesuai dengan topik blog anda. Namun harus diingat juga bahwa dalam menyediakan konten tentu juga yang harus berkwalitas, misalkanya tips dan trik, tempat wisata, dan juga yang lainnya. Jika konten anda dirasa bagus, mungkin pembaca akan mengujungi blog anda kembali dan bahkan mempromosikannya kepada teman-temannnya yang lain. Satu hal lagi yang harus diingat dalam memposting. Lakukanlah postingan secara teratur. Misalnya anda selalu memposting tiap 3 x dalam seminggu. Kenapa itu penting? Karena itu akan mempengaruhi geraknya blog anda yang nanti akan ditemukan oleh mesin pencari seperti Google, dan Yahoo serta masih banyak lagi.
2. Bertukar link
Seorang blogger yang baik biasanya selalu melakukan pertukaran link antar sesama blogger. Hal ini dilakukan untuk mempromosikan blognya ke orang lain. Cara untuk bertukar link sangatlah mudah. Yaitu pasanglah terlebih dahulu lnk orang yang ingin anda ajak bertukar link di blog anda, lalu ajukan permintaan untuk bertukar link kepada blogger tersebut.
Bertukar link tidak harus selalu melalui permintaan. Anda bisa dengan suka rela memasang blog mereka di blog anda. Jika si pemilik blog mengetahui itu , otomatis dia akan langsung menaruh link anda juga di blog mereka. Karena itu semua sudah termasuk “etika “ di dunia blog. Selain itu menambah link juga sangat bermanfaat dalam menambah kawan atau sahabat kita.
3. Rajin berkomentar di blog lain.
Berkomentar di blog lain adalah salah satu cara paling ampuh dalam mempopulerkan sebuah blog. Dengan berkomentar akan terjadi kemunikasi dua arah antara kita dan juga sipemilik blog lain. Selain itu anda bisa meninggalkan tautan (link) di blog bersangkutan sehingga orang tersebut bisa mengunjungi anda balik dan berkomentar di blog anda. Komentar bisa menjadi tolak ukur interaktifitas blog. Semakin banyak blogger yang saling berkomentar maka semakin ada kemungkinan dalam menciptakan sebuah komunitas disana.
4. Promosi lewat jaringan social
Memanfaatkan jaringan sosial dalam mempopulerkan sebuah blog adalah penting. Karena banyak sekali orang yang selalu online hanya untuk mengunjungi situs sosial. Oleh karena itu kita manfaatkan saja jaringan sosial itu untuk mempopulerkan blog kita. Banyak sekali situs sosial yang bisa kita gunakan sekarang. Diantaranya adalah facebook dan juga tweeter. Dua jaringan ini adalah yang sangat popular sekarang ini.
5. Daftar di seach engine
Daftarkan blog anda di search engine( mesin pencari) seperti Google dan juga Yahoo. Dengan mendaftarkan blog anda di search engine kemungkinan blog anda untuk ditemukan semakin besar. Misalnya apabila anda ingin mendaftar di google maka alamatnya adalah
http://www.google.com/addurl/?continue=/addurl
Dan langkah selanjutnya adalah ketikan URL blog anda
6. Gabung komunitas
Gabung komunitas sangat member banyak manfaat. Diantaranya adalah memiliki banyak teman dan juga mempromosikan blog kita. Salah satu contoh komunitas blog adalah kumpul blogger. Alamatnya di www.kumpulblogger.com
7. Blogwalking
Sempatkanlah berkunjung dan memberikan komentar dari satu blog ke blog lain. Jangan lupa memasang alamat blog anda di blog mereka. Mereka yang anda kunjungi sejatinya akan mengunjungi anda balik. Di dunia blog istilah mengunjungi blog ini disebut dengan blogwalking.

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda